Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

cara mengatasi laptop lemot 3 cara mengatasi laptop lemot secara mudah windows 7,8 dan 10 {berhasil

Cara Mengatasi Laptop Lemot

Tips 1: Hapus Program Yang Tidak Diperlukan

Ilustrasi Hapus Program

Hal pertama yang harus kamu lakukan untuk mengatasi laptop yang lemot adalah dengan menghapus program yang tidak diperlukan. Pastikan untuk membersihkan semua aplikasi dan file yang tidak berguna di laptopmu. Dengan cara ini, laptopmu akan memiliki lebih banyak ruang pada hard drive dan performanya juga akan meningkat.

Tips 2: Nonaktifkan Program Startup Yang Tidak Diperlukan

Ilustrasi Nonaktifkan Program Startup

Setiap kali kamu menghidupkan laptop, pasti ada beberapa program yang secara otomatis juga berjalan. Program-program tersebut bisa membuat laptopmu menjadi lemot, terutama jika kamu tidak membutuhkannya. Oleh karena itu, nonaktifkan program startup yang tidak kamu perlukan pada saat startup.

Tips 3: Matikan Animasi Windows

Ilustrasi Matikan Animasi Windows

Layar yang terlalu banyak animasi dapat menyebabkan laptopmu menjadi lambat. Untuk mengatasi hal ini, matikan animasi Windows dengan cara buka "Control Panel", kemudian pilih System and Security dan pilih System. Setelah itu, pilih Advanced System Settings, pilih Performance dan pada Visual Effects, pilih Adjust for best performance. Dengan cara ini, kamu bisa mematikan beberapa fitur animasi yang tidak digunakan.

Tips 4: Gunakan Antivirus Terbaik

Ilustrasi Gunakan Antivirus Terbaik

Komputer atau laptop yang terkena malware atau virus bisa membuatnya menjadi lemot bahkan hang. Oleh karena itu, gunakanlah antivirus terbaik untuk melindungi perangkat kamu dari serangan malware atau virus. Pastikan antivirus kamu selalu terupdate agar bisa memberikan perlindungan yang maksimal.

Tips 5: Bersihkan File Temporary

Ilustrasi Bersihkan File Temporary

Bersihkan file temporary atau sementara adalah salah satu cara cepat untuk mengembalikan performa laptop yang lemot. Caranya adalah dengan menghapus file yang sudah tidak diperlukan pada internet browser, aplikasi atau sistem operasi yang kamu pakai. Kamu bisa menggunakan software pembersih seperti CCleaner. Atau, bisa dengan cara membersihkannya secara manual.

Tips 6: Perbarui Driver Laptopmu

Ilustrasi Perbarui Driver Laptop

Driver adalah komponen penting pada laptop yang berfungsi sebagai penghubung antara hardware dan software. Jika driver laptopmu tidak terupdate, maka performa laptopmu bisa terganggu. Oleh karena itu, pastikan driver laptopmu selalu terupdate dengan baik. Kamu bisa melakukan update driver secara manual melalui website resmi dari produsen laptopmu. Atau kamu juga bisa menggunakan software driver updater seperti Driver Booster.

Tips 7: Ubah Pengaturan Power Option

Ilustrasi Ubah Pengaturan Power Option

Pengaturan Power Option bisa mempengaruhi performa laptopmu. Oleh karena itu, pastikan Power Option laptopmu diatur dengan benar. Kamu bisa membuat pengaturan agar laptopmu lebih hemat daya, dengan mengatur waktu untuk menonaktifkan layar atau modus sleep setelah beberapa waktu. Hal ini akan membantu menghemat daya baterai dan memberikan performa lebih baik.

Tips 8: Tambah RAM atau SSD

Ilustrasi Tambah RAM atau SSD

Jika laptopmu masih lemot meskipun sudah dilakukan beberapa tips di atas, mungkin kamu perlu menambahkan RAM atau SSD. RAM dan SSD adalah komponen yang bisa meningkatkan performa laptopmu secara signifikan. RAM membuat laptopmu lebih cepat dalam menjalankan program yang membutuhkan banyak memori, sedangkan SSD membuat laptopmu lebih cepat dalam membuka dan menyimpan file.

Itulah beberapa tips untuk mengatasi laptop yang lemot. Pastikan kamu melakukan tips sebaik mungkin agar laptopmu bisa kembali memiliki performa yang optimal.


Nabila Alindya jentika.id Sebuah blog yang saya dirikan yang tujuannya untuk berbagi informasi terkini, terbaru dan terpeecaya yang kami sajikan untuk sahabat semua

Post a Comment for "cara mengatasi laptop lemot 3 cara mengatasi laptop lemot secara mudah windows 7,8 dan 10 {berhasil"