Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

aplikasi jual foto

Di era digital saat ini, fotografi tidak hanya menjadi sekedar hobi, tetapi juga dapat menjadi salah satu sumber penghasilan. Salah satu cara untuk memonetisasi foto adalah dengan menjualnya melalui aplikasi jual foto di internet.

Aplikasi Jual Foto Di Internet Terpopuler Dijamin Cuan!

fotografi

Listed di atas adalah dua aplikasi jual foto di internet terpopuler saat ini yang dapat menjadi tempat anda menjual foto-foto yang anda hasilkan.

Shutterstock

shutterstock

Shutterstock merupakan salah satu platform jual beli foto terpopuler di dunia, dengan ribuan pembeli yang tinggal di berbagai negara. Shutterstock mengizinkan para fotografer untuk menjual foto-foto dengan berbagai tema, mulai dari landscape, portrait, abstrak, dan masih banyak lagi.

Untuk menjadi fotografer di Shutterstock, anda dapat mendaftar di website resminya, lalu melalui proses seleksi yang dinamakan Shutterstock Contributor Academy. Setelah anda berhasil lolos seleksi, anda dapat mulai mengunggah foto-foto anda dan menentukan harga yang anda inginkan.

Harga foto di Shutterstock bervariasi tergantung dari ukuran file dan lisensi yang diberikan. Ada tiga jenis lisensi yang ditawarkan di Shutterstock, yaitu Lisensi Standar, Lisensi Perpanjangan, dan Lisensi Editorial. Untuk Lisensi Standar, harga foto dihitung berdasarkan ukuran file dan mulai dari 2,98 US dollar hingga 19,97 US dollar. Sedangkan untuk Lisensi Perpanjangan, harga ditentukan berdasarkan jumlah cetakan yang diperbolehkan, mulai dari 49 US dollar hingga 199,50 US dollar. Sementara itu, untuk Lisensi Editorial, harga dihitung berdasarkan jumlah penggunaan dan mulai dari 19 US dollar hingga 249 US dollar.

Adobe Stock

adobe stock

Adobe Stock juga merupakan salah satu platform jual beli foto terpopuler di dunia. Platform ini diluncurkan oleh Adobe, perusahaan software kreatif yang terkenal dengan software seperti Photoshop dan Illustrator.

Untuk menjadi fotografer di Adobe Stock, anda dapat mendaftar di website resminya, lalu mengunggah foto-foto yang anda miliki. Setelah itu, foto-foto anda akan di-review oleh tim Adobe Stock dan jika lolos, foto-foto anda akan tersedia di Adobe Stock untuk dijual.

Harga foto di Adobe Stock juga bervariasi tergantung dari ukuran file dan lisensi yang diberikan. Ada dua jenis lisensi yang ditawarkan di Adobe Stock, yaitu Lisensi Standar dan Lisensi Terperpanjang. Untuk Lisensi Standar, harga foto dihitung berdasarkan ukuran file dan mulai dari 2,99 US dollar hingga 339 US dollar. Sedangkan untuk Lisensi Terperpanjang, harga ditentukan berdasarkan jumlah cetakan yang diperbolehkan, mulai dari 99 US dollar hingga 999 US dollar.

Kelebihan dan Kekurangan Aplikasi Jual Foto di Internet

Sebelum memutuskan untuk menjual foto melalui aplikasi jual foto di internet, ada baiknya anda mengetahui kelebihan dan kekurangan dari platform tersebut.

Kelebihan

  • Memiliki akses ke ribuan pembeli di seluruh dunia.
  • Mudah dan cepat untuk menjadi fotografer di platform jual foto di internet.
  • Memiliki berbagai cara untuk mengatur harga foto.
  • Anda dapat menjual foto-foto yang sudah tidak anda gunakan lagi.
  • Anda dapat mendapatkan passive income dari foto-foto yang anda sertakan di platform ini.

Kekurangan

  • Tidak menjamin bahwa foto anda terjual atau mendapatkan peminat yang banyak.
  • Persaingan di dalam platform ini dapat sangat ketat.
  • Ada banyak persyaratan dan peraturan yang harus dipatuhi, sehingga dapat memakan waktu dan energi yang banyak.
  • Harga jual yang terlalu murah dapat menurunkan nilai foto dan kepercayaan diri anda sebagai fotografer.

Tips agar Foto Anda Menjadi Laku di Aplikasi Jual Foto di Internet

Menjual foto melalui aplikasi jual foto di internet bukanlah hal yang mudah. Untuk dapat sukses, anda harus mempertimbangkan beberapa hal berikut ini:

Berfokus pada Kualitas Foto

Kualitas foto yang baik adalah kunci dari penjualan foto yang sukses di aplikasi jual foto di internet. Pelajari teknik fotografi yang baik dan carilah sumber inspirasi untuk meningkatkan kualitas foto anda. Pastikan foto anda memiliki kualitas yang baik dari segi pencahayaan, fokus, dan komposisi.

Melakukan Riset Pasar

Sebelum mengunggah foto-foto anda ke platform jual foto di internet, ada baiknya anda melihat foto-foto yang sudah sukses terjual di platform tersebut. Dengan melakukan riset tersebut, anda dapat mengetahui tema foto yang laris di pasaran dan menghasilkan pendapatan yang baik untuk anda.

Melakukan SEO pada Deskripsi Foto

Sebagian besar platform jual foto di internet memiliki fitur pencarian. Anda dapat menggunakan fitur tersebut untuk memberikan deskripsi yang akurat pada foto anda. Pastikan deskripsi yang anda berikan memiliki kata kunci yang relevan dan membuat orang tertarik untuk membeli foto anda.

Menentukan Harga yang Tepat

Menentukan harga yang tepat adalah kunci dari suksesnya penjualan foto anda di aplikasi jual foto di internet. Harga yang terlalu murah dapat menurunkan nilai dari foto anda, sedangkan harga yang terlalu mahal dapat membuat orang enggan untuk membeli foto anda. Lakukan riset pasaran untuk mengetahui harga rata-rata untuk foto dengan tema yang sama seperti foto anda.

Terus Belajar dan Meningkatkan Kualitas Foto

Menjadi fotografer yang sukses di aplikasi jual foto di internet membutuhkan perjuangan yang berkelanjutan. Teruslah belajar dan eksperimen dengan teknik fotografi baru dan jangan ragu untuk meminta masukan dari orang lain. Dengan cara ini, anda dapat meningkatkan kualitas foto anda dan mendapatkan peminat yang semakin banyak.

Jadi, itulah beberapa aplikasi jual foto di internet terpopuler dan tips agar foto anda menjadi laku di platform tersebut. Ingatlah bahwa menjadikan fotografi sebagai sumber penghasilan bukanlah hal yang mudah, tetapi dengan kerja keras dan ketekunan, anda dapat meraih kesuksesan di bidang ini.


Nabila Alindya jentika.id Sebuah blog yang saya dirikan yang tujuannya untuk berbagi informasi terkini, terbaru dan terpeecaya yang kami sajikan untuk sahabat semua

Post a Comment for "aplikasi jual foto"