Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips dan Trik dalam Penggunaan Winbox Mikrotik Terbaru 2024

Apa kabar semuanya? Kami harap kalian baik-baik saja ya. Pada artikel ini, kita akan membahas mengenai Winbox Mikrotik, yang merupakan salah satu fitur penting dalam mengelola dan mengkonfigurasi perangkat Mikrotik.

Winbox Mikrotik adalah sebuah aplikasi grafis yang memudahkan pengguna dalam mengatur dan mengontrol perangkat Mikrotik. Dengan menggunakan Winbox, kamu dapat melakukan berbagai tugas, seperti mengkonfigurasi jaringan, mengatur aturan firewall, memantau kinerja perangkat, dan masih banyak lagi.

Lanjutkan membaca untuk mendapatkan informasi yang lebih detail mengenai Winbox Mikrotik dan bagaimana menggunakannya secara efektif.

Pengenalan Winbox Mikrotik

Mikrotik adalah perusahaan yang bergerak di bidang perangkat keras dan perangkat lunak jaringan. Salah satu produk unggulan dari Mikrotik adalah RouterOS, sistem operasi berbasis Linux yang dirancang khusus untuk router dan manajemen jaringan. Untuk memudahkan konfigurasi dan pengelolaan router Mikrotik, perusahaan ini juga menyediakan aplikasi Winbox yang dapat diunduh secara gratis.

Baca Juga: Mengenal Macam Mcam perangkat keras komputer Beserta Fungsinya

Fitur-fitur Winbox Mikrotik

Winbox adalah aplikasi GUI (Graphical User Interface) yang digunakan untuk memudahkan pengaturan dan monitoring perangkat Mikrotik. Beberapa fitur utama dari Winbox antara lain:

Penggunaan Winbox Mikrotik

Penggunaan Winbox sangatlah mudah. Setelah mengunduh aplikasi Winbox dari situs resmi Mikrotik, pengguna dapat memasukkan IP address perangkat Mikrotik ke dalam aplikasi. Setelah terhubung, pengguna dapat dengan mudah mengkonfigurasi dan mengelola perangkat Mikrotik melalui antarmuka grafis yang intuitif.

Fitur Utama Winbox Mikrotik

Winbox Mikrotik adalah sebuah aplikasi GUI (Graphical User Interface) yang digunakan untuk mengelola dan mengkonfigurasi perangkat Mikrotik. Aplikasi ini memiliki banyak fitur yang sangat berguna dalam mengatur jaringan dan mengoptimalkan kinerja perangkat Mikrotik. Berikut ini adalah beberapa fitur utama Winbox Mikrotik:

1. Antarmuka yang Mudah Digunakan

Winbox Mikrotik memiliki antarmuka yang sederhana dan mudah digunakan. Pengguna dapat dengan mudah mengakses semua fitur dan pengaturan perangkat Mikrotik melalui tampilan grafis yang intuitif. Hal ini memudahkan pengguna, terutama yang tidak memiliki pengetahuan teknis yang mendalam, dalam mengelola dan mengkonfigurasi perangkat Mikrotik.

2. Pengaturan yang Komprehensif

Winbox Mikrotik menyediakan pengaturan yang komprehensif untuk mengkonfigurasi berbagai fitur dan fungsi perangkat Mikrotik. Pengguna dapat mengatur koneksi jaringan, keamanan, VLAN, routing, firewall, hotspot, dan banyak aspek lainnya dengan mudah melalui antarmuka Winbox. Pengaturan yang komprehensif ini memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan perangkat Mikrotik sesuai dengan kebutuhan mereka.

3. Monitoring dan Troubleshooting

Winbox Mikrotik juga menyediakan fitur untuk monitoring dan troubleshooting perangkat Mikrotik. Pengguna dapat melihat data dan statistik jaringan secara real-time, memonitor kinerja perangkat, melacak penggunaan bandwidth, melakukan debug jaringan, dan banyak lagi. Fitur ini sangat berguna bagi administrator jaringan dalam memantau dan memperbaiki masalah jaringan dengan cepat dan efisien.

Cara Menginstal Winbox Mikrotik

Cara Menginstal Winbox Mikrotik

Winbox adalah sebuah aplikasi Windows yang digunakan untuk mengelola perangkat MikroTik. Dengan menggunakan Winbox, pengguna dapat dengan mudah mengkonfigurasi dan mengatur berbagai fitur dan pengaturan pada perangkat MikroTik. Berikut ini adalah beberapa pemahaman penting tentang cara menginstal Winbox Mikrotik:

  • Winbox dapat diunduh secara gratis dari situs resmi MikroTik.
  • Setelah diunduh, Winbox dapat diinstal dengan mudah dengan mengikuti langkah-langkah pada proses instalasi.
  • Setelah diinstal, pengguna dapat membuka Winbox dan menghubungkan perangkat MikroTik dengan memasukkan alamat IP perangkat MikroTik dan login menggunakan username dan password.
  • Winbox memiliki antarmuka pengguna yang intuitif dan mudah digunakan, sehingga pengguna dapat dengan cepat mengakses berbagai menu dan pengaturan.
  • Pengguna dapat mengelola koneksi, memantau lalu lintas jaringan, mengatur keamanan, dan melihat informasi perangkat seperti suhu, penggunaan CPU, dan penggunaan memori.
  • Winbox juga menyediakan fitur-fitur canggih seperti fitur VPN, firewall, routing, dan manajemen bandwidth.
  • Pengguna dapat mengunduh versi terbaru Winbox secara berkala untuk mendapatkan pembaruan dan peningkatan fitur.
  • Winbox kompatibel dengan sistem operasi Windows dan dapat dijalankan di semua versi Windows, mulai dari Windows XP hingga Windows 10.

Menjalankan Winbox Mikrotik

Winbox adalah sebuah aplikasi yang dikembangkan oleh MikroTik untuk mengelola perangkat MikroTik dengan antarmuka grafis yang user-friendly. Dengan menggunakan Winbox, pengguna dapat dengan mudah melakukan berbagai konfigurasi pada perangkat MikroTik seperti router, switch, dan access point.

Untuk menjalankan Winbox, pengguna perlu mengunduh file aplikasi Winbox dari situs resmi MikroTik atau menginstalnya melalui MikroTik RouterOS. Setelah berhasil mengunduh atau menginstal Winbox, pengguna dapat menjalankannya dengan mengklik dua kali pada ikon Winbox di desktop atau melalui menu Start.

Pemahaman: Winbox adalah aplikasi yang digunakan untuk mengelola perangkat MikroTik dengan antarmuka grafis. Pengguna dapat mengunduh atau menginstal Winbox untuk menjalankannya pada perangkat mereka.
Navigasi Antar Muka Winbox Mikrotik

Mikrotik merupakan salah satu perangkat jaringan yang banyak digunakan untuk mengatur dan mengelola jaringan komputer. Salah satu antarmuka (interface) yang digunakan untuk mengelola perangkat Mikrotik adalah Winbox. Winbox adalah aplikasi berbasis GUI (Graphical User Interface) yang memudahkan pengguna dalam pengaturan dan konfigurasi Mikrotik.

Winbox menyediakan navigasi yang intuitif dan mudah digunakan bagi pengguna Mikrotik. Dengan menggunakan Winbox, pengguna dapat melakukan berbagai pengaturan pada perangkat Mikrotik, seperti konfigurasi IP, firewall, routing, VLAN, dan masih banyak lagi.

Navigasi antar muka Winbox Mikrotik terbagi menjadi beberapa bagian utama, antara lain:

  1. Menu Utama: Berisi menu-menu utama yang digunakan untuk mengakses fitur-fitur utama dalam pengaturan Mikrotik.
  2. Tabs: Setiap bagian pengaturan dalam Mikrotik memiliki tab masing-masing yang memudahkan pengguna dalam berpindah antara pengaturan-pengaturan yang berbeda.
  3. Side Menu: Menu di sisi kiri Winbox yang berisi submenu-submenu pengaturan yang terkait dengan bagian yang sedang dibuka.
  4. Toolbar: Berisi tombol-tombol pintas yang digunakan untuk melakukan operasi-operasi umum, seperti menyimpan konfigurasi, mereset perangkat, dan lain-lain.

Sebagai pengguna Mikrotik, penting untuk menguasai navigasi antar muka Winbox agar dapat dengan mudah dan efisien mengatur dan mengelola perangkat Mikrotik.

Navigasi Antar Muka Winbox Mikrotik

Mikrotik adalah perangkat jaringan yang umum digunakan untuk mengatur dan mengelola jaringan komputer. Salah satu antarmuka yang digunakan untuk mengelola perangkat Mikrotik adalah Winbox. Winbox adalah aplikasi berbasis GUI (Graphical User Interface) yang mempermudah pengguna dalam mengatur dan konfigurasi Mikrotik.

Navigasi antarmuka Winbox Mikrotik memiliki beragam fitur yang intuitif dan mudah digunakan. Dengan menggunakan Winbox, pengguna dapat melakukan berbagai pengaturan pada perangkat Mikrotik, seperti konfigurasi IP, firewall, routing, VLAN, dan lain-lain.

"Navigasi antarmuka Winbox Mikrotik yang mudah dan intuitif memungkinkan pengguna mengatur dan mengelola perangkat Mikrotik dengan cepat dan efisien."

Navigasi antarmuka Winbox Mikrotik terdiri dari beberapa komponen utama, antara lain:

  1. Menu Utama: Menyediakan menu-menu utama yang digunakan untuk mengakses fitur-fitur utama dalam pengaturan Mikrotik.
  2. Tabs: Setiap bagian pengaturan dalam Mikrotik memiliki tab masing-masing yang memudahkan pengguna untuk beralih antara pengaturan-pengaturan yang berbeda.
  3. Side Menu: Berisi submenu-submenu pengaturan yang terkait dengan bagian yang sedang dibuka, terletak di sisi kiri aplikasi Winbox.
  4. Toolbar: Berisi tombol-tombol pintasan untuk operasi-operasi umum, seperti menyimpan konfigurasi, mereset perangkat, dan lain-lain.

"Menguasai navigasi antarmuka Winbox Mikrotik sangat penting bagi pengguna Mikrotik agar dapat dengan mudah dan efisien mengatur dan mengelola perangkat Mikrotik."

Mengelola Pengguna & Hak Akses

Pada sistem manajemen yang kompleks, penting untuk dapat mengelola pengguna dan memberikan hak akses yang sesuai. Dalam mengelola pengguna, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, seperti:

  1. Registrasi pengguna: Memiliki mekanisme registrasi yang aman dan validasi data pengguna untuk menghindari akun palsu atau informasi yang tidak valid.
  2. Authentikasi: Pastikan pengguna dapat mengakses sistem hanya dengan menggunakan akun yang sah dan memerlukan otorisasi tambahan untuk tindakan tertentu.
  3. Mengelola hak akses: Tentukan hak akses yang sesuai untuk setiap pengguna berdasarkan peran dan tanggung jawab mereka dalam organisasi.
  4. Pembaruan profil: Memberikan fitur pembaruan profil yang memungkinkan pengguna untuk mengubah data profil mereka sendiri dengan aman.
  5. Penghapusan akun: Memiliki mekanisme penghapusan akun yang aman dan menghapus semua data yang terkait dengan akun tersebut.
Memiliki manajemen pengguna yang baik dan efektif adalah kunci dalam menjaga keamanan dan integritas sistem.

Hak Akses dalam Sistem

Hak akses dalam sistem merupakan mekanisme yang digunakan untuk mengatur penggunaan dan akses terhadap fitur atau data dalam sebuah aplikasi. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mengelola hak akses adalah:

  • Pembagian peran: Tentukan peran apa yang tersedia dalam sistem dan definisikan hak akses yang dapat dimiliki oleh setiap peran.
  • Otorisasi: Pastikan setiap permintaan akses dari pengguna diverifikasi dan diotorisasi sebelum diizinkan untuk melanjutkan ke fitur atau data yang diminta.
  • Pemisahan tanggung jawab: Jaga agar pengguna hanya memiliki akses ke bagian sistem yang relevan dengan tugas dan tanggung jawab mereka.
  • Audit trail: Pertahankan sistem catatan aktivitas pengguna dan laporan akses untuk memungkinkan pemantauan dan audit kemungkinan pelanggaran keamanan.
Hak akses yang tepat akan memastikan bahwa pengguna hanya dapat menggunakan fitur dan mengakses data yang diperlukan, menjaga keamanan dan kerahasiaan informasi.

1. Mengelola Pengguna


Pada sistem manajemen yang kompleks, perlu untuk dapat mengelola pengguna dengan baik. Salah satu aspek penting dalam pengelolaan pengguna adalah registrasi pengguna. Dalam registrasi pengguna, penting untuk memiliki mekanisme registrasi yang aman dan validasi data pengguna untuk menghindari akun palsu atau informasi yang tidak valid. 

Selain itu, penting juga untuk memiliki fitur pembaruan profil yang memungkinkan pengguna untuk mengubah data profil mereka sendiri dengan aman. Selain itu, ada juga mekanisme penghapusan akun yang aman dan menghapus semua data yang terkait dengan akun tersebut.

2. Hak Akses dalam Sistem


Hak akses dalam sistem merupakan mekanisme yang digunakan untuk mengatur penggunaan dan akses terhadap fitur-fitur atau data dalam sebuah aplikasi. 

Dalam mengelola hak akses, penting untuk membagi peran pengguna dan mendefinisikan hak akses yang dapat dimiliki oleh setiap peran. Selain itu, diperlukan juga mekanisme otorisasi yang memastikan setiap permintaan akses dari pengguna diverifikasi dan diotorisasi sebelum diizinkan untuk melanjutkan ke fitur atau data yang diminta. 

Pemisahan tanggung jawab juga perlu diperhatikan, dimana pengguna hanya memiliki akses ke bagian sistem yang relevan dengan tugas dan tanggung jawab mereka. 

3.  Audit Trail , 


yaitu sistem catatan aktivitas pengguna dan laporan akses untuk memungkinkan pemantauan dan audit kemungkinan pelanggaran keamanan.Dalam mengelola pengguna dan hak akses, perlu diperhatikan bahwa pengelolaan pengguna yang baik dan efektif serta hak akses yang tepat akan menjaga keamanan dan integritas sistem.

Melihat Status Perangkat Mikrotik

Mikrotik merupakan salah satu perangkat jaringan yang sangat populer dan digunakan secara luas di banyak organisasi. Melihat status perangkat Mikrotik sangat penting untuk memastikan jaringan berjalan dengan baik. Dalam artikel ini, kami akan membahas cara untuk melihat status perangkat Mikrotik.

Persiapan

Sebelum melihat status perangkat Mikrotik, pastikan Anda telah terhubung ke perangkat menggunakan perangkat lunak Winbox atau melalui SSH. Pastikan juga Anda memiliki akses administratif ke perangkat Mikrotik.

Langkah-langkah

Berikut adalah langkah-langkah untuk melihat status perangkat Mikrotik:

1. Masuk ke antarmuka router

Pertama, buka Winbox atau koneksi SSH Anda dan masuk ke antarmuka router Mikrotik dengan menggunakan alamat IP, nama pengguna, dan kata sandi.

2. Periksa status perangkat

Setelah masuk ke antarmuka router Mikrotik, periksa status perangkat dengan mengklik menu "System" dan pilih "Resources". Anda akan melihat informasi seperti beban CPU, penggunaan memori, penggunaan disk, dan jumlah koneksi yang sedang berjalan.

3. Periksa status jaringan

Selanjutnya, periksa status jaringan dengan mengklik menu "Interfaces". Anda akan melihat daftar antarmuka jaringan yang terhubung ke perangkat Mikrotik beserta informasi seperti IP address, status koneksi, kecepatan transfer data, dan banyak lagi.

4. Periksa status layanan

Terakhir, periksa status layanan dengan mengklik menu "Tools" dan pilih "Netwatch". Anda akan melihat status dari layanan yang terhubung ke perangkat Mikrotik, seperti DNS, web proxy, DHCP, dan banyak lagi. Anda juga dapat mengaktifkan alarm untuk menerima notifikasi jika salah satu layanan mati.

Mengkonfigurasi Jaringan dengan Winbox Mikrotik

Winbox adalah alat manajemen grafis yang digunakan untuk mengkonfigurasi perangkat Mikrotik melalui antarmuka grafis yang intuitif. Dengan Winbox, pengguna dapat dengan mudah mengatur dan mengelola jaringan Mikrotik tanpa harus menggunakan perintah CLI.

Pengenalan Winbox Mikrotik

Winbox adalah salah satu alat manajemen paling populer yang digunakan untuk mengkonfigurasi perangkat Mikrotik. Dengan antarmuka pengguna yang sederhana dan mudah digunakan, pengguna dapat dengan cepat mengatur dan mengelola berbagai fitur jaringan Mikrotik, seperti pembagian bandwidth, firewall, VPN, dan banyak lagi.

Persyaratan untuk Menggunakan Winbox

Sebelum menggunakan Winbox untuk mengkonfigurasi jaringan Mikrotik, ada beberapa persyaratan yang perlu dipenuhi. Pertama, pastikan Anda telah terhubung ke perangkat Mikrotik melalui kabel jaringan atau koneksi wireless. Kemudian, pastikan perangkat Mikrotik telah diatur dengan alamat IP yang valid dan Anda memiliki hak akses administrator untuk melakukan konfigurasi.

Mengakses Perangkat Mikrotik menggunakan Winbox

Untuk menggunakan Winbox, pertama-tama Anda perlu mengunduh aplikasi Winbox dari situs resmi Mikrotik. Setelah mengunduh dan menginstal aplikasi, jalankan Winbox dan masukkan alamat IP perangkat Mikrotik yang ingin Anda konfigurasi. Setelah terhubung, Anda akan dapat mengakses berbagai fitur dan pengaturan jaringan Mikrotik dengan mudah melalui antarmuka grafis yang disediakan oleh Winbox.

Fitur-Fitur Winbox Mikrotik

Winbox menyediakan berbagai fitur untuk mengelola jaringan Mikrotik. Beberapa fitur penting yang dapat dikonfigurasi melalui Winbox termasuk:

  • Firewall: Anda dapat mengatur kebijakan firewall, mengatur aturan-aturan NAT, dan mengelola port forwarding.
  • Pembagian Bandwidth: Anda dapat mengatur batasan bandwidth untuk pengguna, mengatur trafik shaping, dan mengelola QoS.
  • VPN: Anda dapat mengonfigurasi berbagai jenis VPN seperti PPTP, L2TP, dan OpenVPN.
  • Routing: Anda dapat mengatur tabel routing, protokol routing dinamis, dan mengelola static routing.
  • Monitoring Jaringan: Anda dapat melihat laporan dan grafik terkait penggunaan jaringan, pemantauan kualitas link, dan melacak koneksi yang terputus.

Mengatur Aturan Firewall dengan Winbox Mikrotik

Mengatur Aturan Firewall dengan Winbox Mikrotik

Mengatur aturan firewall dengan Winbox Mikrotik adalah langkah penting dalam menjaga keamanan jaringan. Berikut ini adalah beberapa pemahaman penting tentang mengatur aturan firewall dengan Winbox Mikrotik:

  • Fungsi Firewall: Firewall adalah lapisan pertahanan yang melindungi jaringan dari serangan yang tidak diinginkan. Aturan firewall memberikan kontrol terhadap lalu lintas data yang masuk dan keluar dari jaringan.
  • Pengecualian Aturan: Dalam pengaturan firewall, dapat ditentukan aturan pengecualian yang memperbolehkan lalu lintas data tertentu melewati firewall tanpa diblokir, seperti lalu lintas untuk protokol tertentu.
  • Filter Paket: Firewall Mikrotik dapat melakukan filter paket berdasarkan berbagai kriteria, seperti alamat IP, port, protokol, dan sebagainya. Dengan mengatur aturan filter paket yang tepat, dapat mencegah serangan dari luar jaringan.
  • NAT: Firewall Mikrotik juga dapat melakukan Network Address Translation (NAT), yang memungkinkan penggunaan IP publik yang terbatas dengan menggunakan alamat IP private dalam jaringan internal.
  • Prioritas Aturan: Aturan firewall dapat memiliki prioritas tertentu. Misalnya, aturan yang memblokir serangan yang paling sering terjadi dapat diberikan prioritas lebih tinggi agar lebih efektif dalam melindungi jaringan.
  • Pemantauan Aturan: Setelah mengatur aturan firewall, penting untuk memantau dan memeriksa laporan firewall secara teratur. Hal ini akan memastikan bahwa aturan yang telah ditetapkan berjalan dengan baik dan tidak ada serangan yang berhasil melewati proteksi firewall.
  • Pembaruan Aturan: Mengatur aturan firewall bukanlah tugas satu kali. Selalu penting untuk memperbarui dan menyempurnakan aturan firewall secara berkala agar tetap efektif melindungi jaringan dari serangan yang semakin kompleks.

Memonitor Kinerja Perangkat Menggunakan Winbox Mikrotik

Winbox Mikrotik adalah sebuah aplikasi yang digunakan untuk mengelola perangkat Mikrotik melalui antarmuka grafis. Dengan menggunakan Winbox, kita dapat memonitor kinerja perangkat Mikrotik dengan mudah dan efisien. Berikut beberapa pemahaman tentang cara menggunakan Winbox Mikrotik untuk memonitor kinerja perangkat:

  • Melihat informasi umum perangkat, seperti tipe perangkat, versi firmware, dan uptime.
  • Memeriksa penggunaan CPU dan penggunaan memori perangkat.
  • Memantau penggunaan bandwidth dan melakukan pengaturan kecepatan internet.
  • Mengatur aturan firewall untuk melindungi jaringan dari serangan yang tidak diinginkan.
  • Melihat daftar interface yang terhubung ke perangkat dan memeriksa status koneksi.
  • Mengelola pengguna dan kelompok pengguna, termasuk pembuatan dan pengelolaan akun.
  • Memonitor log aktivitas perangkat, termasuk log firewall dan log koneksi.
  • Mengatur jadwal pemeliharaan rutin, seperti backup konfigurasi dan pengaturan waktu.
  • Mengelola layanan jaringan, seperti DHCP server dan DNS server.

Membuat Backup dan Restore Konfigurasi

Backup dan restore konfigurasi adalah proses yang penting dalam pengelolaan sistem. Dengan melakukan backup konfigurasi, Anda dapat memastikan bahwa Anda memiliki salinan yang aman dari pengaturan sistem Anda. Jika terjadi masalah dengan sistem saat mengubah konfigurasi, Anda dapat mengembalikan konfigurasi yang sudah ada sebelumnya menggunakan proses restore.

Proses backup dan restore konfigurasi mungkin berbeda tergantung pada jenis sistem yang Anda gunakan. Namun, secara umum, Anda dapat menggunakan perintah atau utility yang disediakan oleh sistem operasi atau perangkat lunak untuk melakukan tugas tersebut. Pastikan Anda menyimpan salinan backup konfigurasi di tempat yang aman dan mudah diakses jika diperlukan.

Tips dan Trik dalam Penggunaan Winbox Mikrotik

Winbox Mikrotik adalah salah satu aplikasi manajemen jaringan yang sangat berguna bagi administrator jaringan. Dengan menggunakan Winbox Mikrotik, pengguna dapat dengan mudah mengatur dan mengelola perangkat Mikrotik dengan antarmuka grafis yang intuitif. Dalam penggunaan Winbox Mikrotik, terdapat beberapa tips dan trik yang dapat membantu meningkatkan efisiensi dan keamanan jaringan.

Satu tips dalam penggunaan Winbox Mikrotik adalah dengan menggunakan fitur Quick Set. Fitur Quick Set memungkinkan pengguna untuk dengan cepat mengatur pengaturan dasar jaringan seperti IP address, gateway, dan DNS secara otomatis. Dengan fitur ini, administrator jaringan dapat menghemat waktu dan menghindari kesalahan pengaturan yang sering terjadi.

Sebagai tambahan, mengatur keamanan jaringan juga penting dalam penggunaan Winbox Mikrotik. Salah satu trik yang dapat digunakan adalah dengan mengaktifkan fitur Firewall pada perangkat Mikrotik. Dengan mengkonfigurasi Firewall dengan benar, administrator jaringan dapat melindungi jaringan dari serangan yang tidak diinginkan dan memastikan keamanan data pengguna.

Penutup

Cukup Sekian Kali ini semoga artikel yang membahas tentang Tips dan Trik dalam Penggunaan Winbox Mikrotikdapat bermanfaat untuk kita semua.
Nabila Alindya jentika.id Sebuah blog yang saya dirikan yang tujuannya untuk berbagi informasi terkini, terbaru dan terpeecaya yang kami sajikan untuk sahabat semua

Post a Comment for "Tips dan Trik dalam Penggunaan Winbox Mikrotik Terbaru 2024"